Sertifikasi Profesi di Bidang Teknologi Informasi

Standard

Untuk menjadi seorang profesional dibidang pekerjaan tertentu, diperlukan sebuah sertifikasi. Sertifikiasi dapat didapatkan setelah seserang mengikuti suatu proses pembelajaran tentang materi tertentu dan lulus dengan ujiannya. Sebagai tanda bahwa seseorang telah lulus, diberikan sebuah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang menyelenggarakan sertifikasi tersebut. Namun sertifikasi ini, tidak dapat berlaku selama-lamanya, dalam arti memiliki masa berlaku tertentu, dan jika telah lewat maka sertifikasi tersebut tidak berlaku kembali. Salah satu alasan dari hal tersebut adalah agar pengetahuan dari seseorang tersebut diperbaharui kembali sesuai dengan perkembangan jaman. Untuk mendapatkan sertifikasi kembali, harus mengikuti ujian dan harus lulus.

Kali ini akan dibahas mengenai hal-hal yang harus dimiliki seseorang yang memegang posisi administrasi, maintenance, manajemen, dan audit khususnya dibidang teknologi informasi. Sebelum membicarakannya lebih jauh akan dijelaskan terlebih dahulu dari keempat hal tersebut.

Administrasi merupakan proses penyelenggaraan kerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam implementasinya administrasi ini di wujudkan bersama fungsi-fungsi manajemen yaitu, perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Maintenance adalah kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk tujuan agar suatu peralatan selalu berada pada keadaan semula atau semestinya atau keadaan yang dapat diterima oleh penggunanya.

Manajemen merupakan suatu kegiatan untuk mengelola sesuatu. Fungsi-fungsi manajemen dapat dibedakan menjadi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengelolaan. Tetapi fungsi-fungsi ini tidaklah mutlak. Berbagai tokoh juga membagi fungsi manajemen tidak hanya ke dalam empat macam ini.

Audit merupakan suatu evaluasi.  Audit  dapat dilakukan diberbagai bidang pekerjaan. Audit teknologi informasi merupakan bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Istilah lain yang biasa dipakai adalah audit computer yang dipakai untuk memastikan aset system informasi suatu perusahaan dapat secara efektif dan integrative dalam mencapai tujuan perusahaan. Auditor adalah orang-orang yang melakukan audit, dimana orang-orang tersebut harus independen (tidak memihak), objektif, dan kompeten. Tujuan secara umum adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau sesuai dengan standar, regulasi dan praktek telah disetujui dan diterima.

Sertifikasi professional dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. Dikembangkan oleh professional society misalnya British Computer Society(BCS), Australian Computer Society, South East Asian Regional Computer Confederation(SEARCC), dll.

2. Dikeluarkan oleh komunitas suatu profesi, misalnya Linux Profesional, SAGE(System Administration Guild),CISA(untuk audit system informasi), dll.

3. Dikeluarkan oleh vendor misalnya MCSE(Microsoft), CCNA(Cisco), CNE(Netware),RHCE(Red Hat). Sertifikasi yang dikeluarkan oleh vendor biasanya lebih spesifik dan berorientasi pada produk mereka.

Profesi administrasi di bidang IT diantaranya database administrator, system admistrator, network administrator, IT administrator. Di bidang maintenance diantaranya network engineer.

Institusi atau pihak yang memberikan pengakuan atas profesionalitas di bidang administrasi dan maintenance diantaranya Oracle Certified DBA Association, Oracle Certified DBA Professional, Oracle9iAS Web Administrator, Microsoft Certified DBA, Cisco Certified Network Associate(CCNA), CompTIA Network+, Master CIW Administrator, WOW Certified Web Administrator Apprentice(CWAA), System Administration Guild(SAGE).

Institusi atau pihak yang menawarkan sertifikasi dibidang administrasi dan maintenance antara lain: Microsoft, Cisco, Oracle, CompTIA, Certified Internet Web Master (CIW), World Organization of Web Master (WOW).

Pihak yang memberikan pengakuan atas profesionalitas seseorang dibidang manajemen dan audit diantaranya: Certified Information System Auditor(CISA), Certified Information Security Manager(CISM), Certified Information System Security Proffesional(CISSP), Certified Internal Auditor(CIA). Dan salah satu pihak yang menawarkan sertifikasi dibidang ini adalah Information System Audit and Control Association(ISACA).

Demikian tulisan mengenai sertifikasi professional dibidang teknologi informasi khususnya bidang adminstrasi, maintenance, manajemen dan audit.

Sumber :

Lindley R. Higgis dan R. Keith Mobley (Maintenance Engineering Handbook, Sixth Edition,

McGraw-Hill, 2002

Sebagian besar materi diambil dari iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s