Pengenalan COCOMO

Standard

COCOMO adalah singkatan dari Constructive Cost Model. Pertama kali dirilis oleh Dr Barry Boehm pada tahun 1981. Merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan dalam membantu melakukan estimasi dalam hal memperkirakan biaya, usaha, jadwal dan jumlah staf yang dibutuhkan dalam melakukan proyek yang akan dilaksanakan. Sejalan dengan berkembangan metode pengembangan perangkat lunak, maka mempengaruhi estimasi yang harus dilakukan, sehingga COCOMO versi perdana yang dikenal sebagai COCOMO 1 atau COCOMO 81 direvisi menjadi COCOMO II yang dilakukan dengan bekerjasama dengan USC-CSE (Pusat Rekayasa Perangkat Lunak Universitas California).

Kini COCOMO II di dukung secara financial dan teknik oleh sebuah afiliasi yang terdiri dari Aerospace, Air Force Cost Analysis Agency, Allied Signal, DARPA, DISA, Draper Lab, EDS, E-Systems, FAA, Fidelity, GDE Systems, Hughes, IDA, IBM, JPL, Litton, Lockheed Martin, Loral, Lucent, MCC, MDAC, Microsoft, Motorola, Northrop Grumman, ONR, Rational, Raytheon, Rockwell, SAIC, SEI, SPC, Sun, TASC, Teledyne, TI, TRW, USAF Rome Lab, US Army Research Labs, US Army TACOM, Telcordia, and Xerox.

Pada COCOMO 81 siklus hidup pengembangan sistem di dasarkan pada siklus hidup pengembangan sistem model waterfall. Pada versi ini Boehm mengusulkan tiga tingkat model, yaitu basic, intermediate, detailed.

Untuk model yang pertama, yaitu The Basic COCOMO 81 yang berfungsi untuk mengolah sebuah nilai tunggal, model static untuk menghitung estimasi usaha dan biaya pengembangan perangkat lunak yang dapat dinyatakan dalam ribuan.

Untuk model yang kedua, yaitu The intermediate COCOMO 81 yang berfungsi menghitung usaha pengembangan perangkat lunak termasuk penilaian subjektif terhadap  produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek.

Dan model yang terakhir adalah The advanced or detailed COCOMO 81 merupakan model yang dapat dikatakan paling baik, karena menggabungkan karakteristik semua versi yang ada dengan dampak biaya perangkat disetiap langkah pengembangan perangkat lunak.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai pengenalan software COCOMO, jika ada kesalahan mohon dikoreksi dengan menulis komentar dibawah ini. Informasi yang lebih jelas dan terpercaya dapat dibuka di https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:t-6cP8WZBfkJ:www.ifi.uzh.ch/req/courses/seminar_ws02/reports/Seminar_4.pdf+&hl=en&pid=bl&srcid=ADGEESi1Giu7iR_hShbJxIU7rSzj7iDlpFUVcw52DcgctQK97y8SX1nZZpY6mJO_zDiSacbz9-GHHckyF5XWE2kt9cDmlhk9xutIo5hqizKcSso0Cz06DgG8OFY0WdQdjJjegfUH1dBe&sig=AHIEtbTp92fLCI2uXFi__bUBUuoy_F4Ygg.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s