TCP/IP

Standard

TCP / IP adalah nama dari kumpulan protokol  yang digunakan dalam jaringan Internet global. Protokol-protokol tersebut mengacu pada protokol suite yang di kembangkan oleh DoD(Department of Defense) dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Arpanet). Selain itu TCP/IP juga digunakan dalam jaringan pribadi. Jaringan ini terhubung dengan jaringan Internet global.  Jaringan pribadi yang digunakan secara ekslusif sering disebut sebagai jaringan intranet.

TCP/IP merujuk pada dua protokol yang berbeda yaitu TCP(Transfer Control Protokol) dan IP(Internet Protokol). Beberapa protokol lain yang sering terkait adalah protokol FTP, HTTP, SMTP, POP3, dan protokol lainnya. TCP/IP memiliki beberapa layer yaitu : application, transport, internet dan network interface.

images

Cara kerja TCP/IP yaitu program-program komputer berkomunikasi dengan lapisan application. Di dalam lapisan applicaton tedapat banyak protokol-protokol aplikasi, misalnya SMTP yang digunakan dalam pengiriman email, FTP yang digunakan dalam pengiriman file, HTTP yang digunakan untuk membuka halaman web. Setiap program akan berkomunikasi dengan  protokol aplikasi yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya.

Dari proses komunikasi tersebut, program mengirimkan permintaan, dan protokol dalam lapisan aplikasi akan memproses permintaan tersebut dan akan berhubungan dengan protoko lain yang ada pada lapisan transport. Lapisan transport bertangung jawab untuk menerima data yang dikirimkan oleh layer application dan memecah paket-paket data tersebut dan di teruskan kepada lapisan internet.

Selama proses penerimaan data dari layer application, layer transport juga bertanggung jawab dalam menyusun paket-paket data yang diterima dari jaringan secara berurutan dan memeriksa kembali keutuhan isi dari paket-paket tersebut.

Pada layer internet, terdapat IP dari paket-paket yang dikirim dari layer transport. Pada layer ini, akan ditambahkan informasi virtual address yang merupakan alamat pengirim dan penerima data pada paket-paket tersebut. Virtual address inilah yang disebut IP address . Tahap selanjutnya, paket-paket akan dikirimkan ke lapisan berikutnya, yaitu layer network interface. Di layer ini paket-paket data tersebut disebut dengan datagram.

Network interface mendapatkan paker-paket data dari lapisan di atasnya, yang kemudian mengirimkan paket-paket data tersebut melalui jaringan atau menerima paket-paket data tersebut dari jaringan. Segala sesuatu yang ada pada di lapisan ini tergantung dari tipe jaringan yang digunakan. Tipe jaringan yang populer adalah Ethernet. Oleh karenanya pada layer network interface terdapat protokol-protokol dari Ethernet seperti Logic Link Control(LLC), Media Access Control(MAC), dan Physical.

Sumber : Tabloid PC Mild

Gambar : Google.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s