Kompresi File

Standard

Bisa  dibayangkan jika teknologi kompresi file belum ada. Perlu waktu yang lebih banyak dalam melakukan pertukaran data. Bagaimanakah caranya komputer memperkecil ukuran file dan mengembalikan seperti semula tanpa ada perubahan. Ide dasar di balik teknologi ini adalah membuang perulangan.

Image

 

File digital mengandung pengulangan, dimana file-file tersebut memiliki informasi yang sama dan di sajikan secara berulang-ulang. Aplikasi kompresi file akan menghilangkan perulagan tersebut. Aplikasi akan meyimpan informasi tersebut satu kali saja, dan akan menduplikasikan kembali ketika file diekstrak untuk mendapatkan file seperti semula.

Sebagai contoh perhatikan informasi berupa kalimat berikut “ Jangan tanya apa yang negara berikan pada Anda. Tanya apa yang Anda berikan pada negara”. Kalimat tersebut memiliki 15 kata,  74 karakter, 14 spasi dan 2 titik.

Jika setiap huruf, spasi dan tanda baca mengambil satu unit memori komputer, di dapatkan file ukuran 93 unit. Pengecilan ukuran file tersebut dilakukan dengan memperhatikan pengulangan yang terjadi.

  1. “tanya” muncul 2 kali
  2. “apa” muncul 2 kali
  3. “yang” muncul 2 kali
  4. “negara” muncul 2 kali
  5. “berikan” muncul 2 kali
  6. “papa” muncul 2 kali
  7. “anda” muncul 2 kali

Tujuh kata memberikan hampir semua informasi keseluruhan kalimat. Untuk medapatkan kalimat di bagian akhir, dilakukan penunjukkkan kata-kata yang ada pada kalimat bagian awal dan mengisi dengan spasi.

Algoritma yag digunakan dalam kompresi iasanya menggunakan variasi algoritma dictionary-based LZ. LZ merpakan nama dari penemu dari algoritma ini yaitu Lempel dan Ziv. Dengan algoritma ini, dalam pengkompresan data, akan dibuat semacam katalog dengan deretan angka. Pada contoh kalimat diatas, katalognya adalah sebagai berikut :

  1. Tanya.
  2. Apa.
  3. Yang.
  4. Negara.
  5. Berikan.
  6. Pada.
  7. Anda.

Dari katalog diatas, contoh kalimat dapat dibentuk menjadi “Jangan 1 2 3 4 5 6 7. 1 2 3 7 5 6 4.” Bentuk seperti ini dan di tambah dengan daftar katalog, tentu akan lebih pendek dengan kalimat aslinya yang pada akhirnya mengurangi ukuran file.

Demikian adalah sedikit informasi mengenai kompresi file digital.

 

Sumber : Tabloid PC Mild.

Gambar : Google.com

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s