Definisi Telematika, Perkembangan Telematika dan Trend Telematika di Masa yang Akan Datang

Standard

Definisi Telematika
Telematika berasal dari bahasa Perancis yaitu Telematique yang kemudian menjadi istilah umum di Eropa. Kemudian istilah telematika/telematiks digunakan untuk menjelaskan pertemuan jaringan komunikasi dan teknologi informasi. Istilah Telematics merupakan singkatan dari “Telecomunications and Informatic”, yang merupakan gabungan konsep Computing and Communication. Saat ini istilah Telematika merupakan konvergensi antara Telekomunikasi, Media dan Informatika. Konvergensi pada telematika merupakan penyelenggaraan sistem elektronik yang berbasis teknologi digital. Karena perkembangan tersebut, sehingga istilah telematika berkembang menjadi istilah Teknologi Informatika(TI), Information & Communication Technologies(ICT).

Perkembangan Telematika
Indonesia termasuk negara tertinggal dalam hal perkembangan telematika, tetapi seiring dengan perkembagan zaman Indonesia mulai dapat menyusul, hingga mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini di tandai dengan bermunculan produk-produk IT yang canggih dan mutakhir. Misalnya teknologi pembuatan prosesor yang sudah dapat memfabrikasi hingga ukuran 40nm. Contoh lainnya yaitu telepon selular yang sudah dilengkapi dengan wifi, notebook dengan model yang sangat mendukung kenyamanan mobilitas pengguna, begitu juga degan smartphone dan juga PC tablet. Dewasa ini para pemakai smartphone sudah mulai banyak, karena salah satu faktornya yaitu sistem operasi yang sangat mudah digunakan dan sangat menyenangkan, misalnya Android. Selain smartphone ada Tablet PC yang tidak kalah canggih, yang merupakan komputer dengan bentuk yang sangat memungkinkan untuk mobilitas tinggi. Karakteristik fisiknya diantaranya memiliki layar sentuh sehingga mudah digunakan. Jadi Telematika sendiri mengacu kepada industri komputer dan sistem telekomunikasi. Internet merupakan salah satu bentuk telematika yang memungkinkan pengiriman data.

Trend Telematika di Masa yang Akan Datang
Pada tahun 2013 diharapkan Indonesia dapat mewujudkan Indonesia Connected, yaitu dimana seluruh provinsi di Indonesia tersambung dalam satu jaringan. Pada tahun berikutnya yaitu 2014 Indonesia dapat mewujudkan Indonesia Informative, yaitu semua elemen baik masyarakat maupun pemerintah sadar akan pentingnya informasi. Dan di tahun 2015 Indonesia diharapkan memasuki tahap broadband. Tentu saja perkembangan ini di tandai dengan banyaknya pembuatan sistem keamanan untuk pengguna teknologi. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kesulitan dalam pengawasan atas pelanggaran.
Teknologi yang dibutuhkan dewasa ini harus memiliki karakteristik murah, cepat, memiliki nilai tambah dan dapat meningkatkan sumber daya manusia.
Salah satu yang menjadi faktor dalam perkembangan telematika dalam TI adalah peningkatan kebutuhan pengguna di Internet, baik untuk kebutuhan bisnis dan industri kreatif.. Beberapa contoh yang sangat banyak digunakan saat ini, dan akan berlanjut dengan Teknologi Informasi yang lebih baru dan kreatif diantaranya:

  1. Chatting misalnya dengan Yahoo Messenger, Gmail, MIRc.
  2. Email misalnya dengan Yahoo , Gmail.
  3. Video streaming misalnya dengan Youtube.
  4. Social network misalnya dengan Facebook, Friendster,Myspace,Twitter.
  5. Blog misalnya dengan wordpress,blogger,kronologger (microblogging),tumblr(photoblogging).
  6. Music Network misalya dengan last.fm , jaiku.
Referensi :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s