Tugas Matakuliah Bahasa Indonesia 2

Standard

RANCANGAN PENELITIAN

Rancangan penelitian merupakan blueprint yang menjelaskan setiap prosedur penelitian, mulai dari tahap menentukan tujuan penelitian sampai dengan tahap analisis data. Komponen-komponen yang ada pada rancangan penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Tujuan penelitian
  2. Jenis penelitian yang akan digunakan
  3. Unit analisis atau populasi penelitian
  4. Rentang waktu dan tempat penelitian dilakukan
  5. Teknik pengambilan sampel
  6. Teknik pengumpulan data
  7. Definisi operasional variabel penelitian
  8. Pengukuran
  9. Teknik analisis data
  10. Instrumen pencarian data (mis. Kuesioner)

1.      Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan hasil akhir dari penelitian yang dilakukan. Fungsi dari tujuan penelitian adalah untuk mengarahkan proses penelitian, dijadikan tolak ukur keberhasilan penelitian. Tujuan penelitian dapat dinyatakan dalam bentuk pertanyaan penelitian atau hipotesis penelitian.

2.      Jenis Penelitian yang Akan Digunakan

Jenis-jenis penelitian yang sering dipakai dalam bidang manajemen atau ilmu adminisrasi yaitu penelitian deskriptif, korelasional eksperimental.

Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai fenomena yang diteliti secara apa adanya, namun secara lengkap dan terperinci. Sebagai contoh penelitian deskriptif adalah penilaian sikap atau pendapat dari individual, organisasi, peristiwa, prosedur kerja. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan untuk menggali data dalam penelitian deskriptif.

• Bagaimana manajer menghabiskan waktu kerjanya?

• Bagaimana sikap pegawai terhadap jadwal kerja “flex-time”?

• Bagaimana organisasi melakukan proses seleksi pegawai ?

• Bagaimana koordinasi kerja antar bagian dalam organisasi?

Menurut Faenkel dan Walenn penelitian korelasional adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa adanya upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut, sehingga tidak terdapat manipulasi variabel.

Menurut Solso dan MacLin penelitian eksperimental adalah suatu penelitian yang di dalamnya ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat.

3.      Unit Analisis atau Populasi Penelitian

Untuk mengetahui kepuasan pegawai, maka unit analisisnya adalah individu-individu pegawai. Lain halnya jika ingin mengetahui kinerja antar departeman maka unit analisisnya  adalah kelompok. Jika ingin mengukur kualitas pelayanan sebuah kantor, maka unit analisisnya adalah organisasi. Untuk menilai kualitas susu bubuk untuk bayi maka unit analisisnya adalah produk susu bayi.

4.      Rentang Waktu Penelitian

  1. One shot or Cross section studies, data dikumpulkan hanya sekali.
  2. Longitudinal studies, data dikumpulkan dalam beberapa periode waktu tertentu. Misalnya untuk meneliti disiplin pegawai, peneliti mengamati perilaku pegawai selama enam bulan.

5.      Teknik Pengambilan Sampel

Terdapat dua teknik secara umum dalam pengambilan sampel yaitu sampling probabilistic (acak) dan nonprobabilistik (non acak). Pada pengambilan sampel secara acak terdapat beberapa teknik yaitu simple random sampling, stratified random sampling, area sampling, cluster sampling, systematic sampling. Pada pengambilan sampel secara non acak terdapat beberapa teknik yaitu accidental sampling, convienience sampling, snow-ball sampling, purposive sampling.

6.      Teknik Pengumpulan Data

Beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sebuah penelitian dapat hanya menggunakan satu macam teknik pengumpulan data atau menggunakan beberapa teknik pengumpulan data. Sebagai contoh untuk mengumpulkan data mengenai motivasi kerja dapat menggunakan kuesioner dan untuk mendapatkan data mengenai pendapatan para karyawan dapat menggunakan observasi.

7.      Definisi Operasional Variabel Penelitian

Definisi operasional variabel adalah upaya untuk mengurangi keabstrakan konsep atau variabel penelitian, sehingga dapat dilakukan pengukuran. Beberapa peneliti menggunakan istilah indikator. Sebagai contoh untuk mengukur disiplin pegawai, maka dihitung frekuensi ketepatan masuk kerja, kepatuhan pada peraturan, dan lain-lain. Untuk mengetahui produktivitas, dihitung perbandingan antara hasil herja dengan waktu kerja. Bagi penelitian kuantitatif, langkah ini mutlak dilakukan.

8.      Pengukuran Variabel Penelitian

Jenis skala pengukuran untuk setiap variabel penelitian perlu diketahui dengan benar. Hal ini berguna untuk menetapkan rumus atau perhitungan-perhitungan statistik. Misalnya, untuk variabel yang berskala non nominal tidak mungkin dihitung rata-ratanya. Skala pengukuran yang ada adalah nominal, ordinal, interval, dan rasio.

9.      Teknik Analisis Data

Sebelum data dianalisis, diolah terlebih dahulu. Maka dikenal proses editing, coding, master table, dan lain-lainnya. Analisis data mencakup kegiatan mengukur reliabilitas dan validitas, mean, deviasi standar, korelasi, distribusi frekuensi, uji hipotesis, dan lain sebagainya.

10.  Instrumen Pencarian Data

Ada beberapa alat yang dikenal sebagai alat pengambil data dalam penelitian sosial atau bisnis. Alat-alat tersebut mencakup wawancara, kuesioner atau angket, observasi, dan studi dokumentasi.

Sumber Materi:

1.      https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:dPiP9xVzQCUJ:usepmulyana.files.wordpress.com/2008/11/rancangan-penelitian.doc+rancangan+penelitian&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgFYnysUPr8YWYVUij8vg_uh_M_gzGwgznFvJ2puDks2GN-nt0vLOeS5B-HZJC-Svs21AlebBr_TrMCw7ERoXAlTsSqkvlS_89ufKChmX6Q2IPvcioNG-51eh_k90KVVId8yRH-&sig=AHIEtbTyFM3R2pvih0gtmk-RjwzBag62bQ

2.      http://www.scribd.com/doc/73250552/Penelitian-Korelasional

3.      https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:4df8a0nbMuAJ:images.nunukmulandari.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/SthB9woKCDMAAG5TH0I1/Penelitian%2520Eksperimental%2520-%25204.pptx?key%3Dnunukmulandari:
journal:138%26nmid%3D290536381+penelitian+eksperimental&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEEShQjSUnPzLaoZHs3_fVHYrA6pDt7Z6UZ-RypYSiMJoTKqRxIcEPRH6lgO6kL801WXkqwkIKhYDuB0VELajAXOgB2tvlAuPuoKXViaNH5eanij
MTghzhIayhj3CjQZN282tqfhbe&sig=AHIEtbSvbv60ggAcRBrFbVyYk1eX-yxqlw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s