tugas untuk matakuliah teori organisasi umum2

Standard

SISTEM KEAMANAN PERBANKAN

Bank  adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pinjaman (kredit) dan jasa dalam pembayaran dan peredaran uang(definisi dari kamus besar bahasa indonesia). Dalam definisi lain, bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. Menurut undang-undang perbankan, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan tarap hidup rakyat banyak.

Dari penjelasan-penjelasan sebelumnya, bank merupakan lembaga yang menyimpan dana(uang) dan menyalurkan kembali kepada masyarakat. Uang merupakan aset yang berharga, maka bank membutuhkan sistem keamanan agar dana yang ada dalam bank dapat terpelihara dengan baik.

Tetapi sistem keamanan bank saat ini tidak hanya untuk melindungi dana tetapi juga data yang dimiliki bank. Data merupakan salah satu asset penting yang dimiliki, karena data akan menghasilkan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh bank, salah satunya dalam hal melakukan salah satu fungsi bank yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat.

Sistem bank yang berbasis teknologi, yang saat ini sedang dikembangkan oleh para pihak bank, memusatkan perancangan sistem keamanan yang sangat ketat karena resiko kehilangan atau kerugian atas asset bank yang sangat besar. Seperti kasus beberapa waktu lalu, para nasabah kehilangan sebagian dana mereka karena pencurian via ATM yang menggunakan kata kunci(password) hasil bajakan dari nasabah yang lalai.

Sistem keamanan bank memang tidak cukup pada ketangguhan sistem yang tidak dapat di jebol, tetapi juga harus mampu dalam menjamin keamanan setiap transaksi online. Beberapa kasus terjadi pencurian dana nasabah yang memanfaatkan situs bank palsu. Nasabah yang memiliki pemahaman teknologi informasi yang tidak memedai akan sangat mudah terjebak dalam situs bank palsu, sehingga password nasabah dapat dengan mudah dibajak.

Pelaku kejahatan terhadap sistem keamanan bank memang tidak sepenuhnya dilakukan oleh pihak luar bank, pada beberapa kasus dilakukan oleh karyawan bank sendiri untuk mencuri dana nasabah dengan menyalah gunakan wewenangnya. Sistem keamanan bank harus menjamin keamanan, dari hal-hal semacam ini, karena resikonya adalah kerugian nasabah.

Untuk menghindari ancaman-ancaman yang telah disebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pihak bank, yaitu

  1. Melengkapi kamera CCTV pada setiap ruang mesin ATM untuk memantau para nasabah. Kemudian mesin ATM dapat dilengkapi peralatan keaamanan tambahan agar tidak terjadi pembajakan password dan data nasabah.
  2. Penggantian teknologi kartu yang digunakan untuk transaksi ke teknologi chip card.
  3. Pihak bank juga harus memeriksa mesin ATM secara berkala agar tidak terjadi pemasangan alat tambahan untuk membajak data dan password nasabah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Menyelidiki transaksi-transaksi yang mencurigakan
  5. Memberikan edukasi kepada para nasabah atas pentingnya password dan data rekening.

Bagi para nasabah untuk menghindari acaman-acaman tersebut dapat dilakukan dengan cara

  1. Selalu waspada saat bertransaksi pada mesin ATM. Pastikan aman sebelum menggunakan mesin ATM dari peralatan-peralatan pembajak.
  2. Selalu merahasiakan password.
  3. Diusahakan selalu menggunakan mesin ATM yang berada di area bank bersangkutan.
  4. Mengganti password secara rutin

Sebagian materi diambil dari :

  1. 1.      http://zakiherdian.blogspot.com/2012/04/sistem-keamanan-perbankan-indonesia.html
  2. 2.      kamus besar bahasa indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s