tulisan matakuliah bahasa indonesia 2

Standard

DAMPAK PERDAGANGAN BEBAS BAGI LULUSAN SISTEM INFORMASI

Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor impor atau hambatan perdagangan lainnya.

Perdagangan bebas dapat juga didefinisikan sebagai tidak adanya hambatan buatan (hambatan yang diterapkan pemerintah) dalam perdagangan antar individual-individual dan perusahaan-perusahaan yang berada di negara yang berbeda.

Perdagangan internasional sering dibatasi oleh berbagai pajak negara, biaya tambahan yang diterapkan pada barang ekspor impor, dan juga regulasi non tarif pada barang impor. Secara teori, semua hambatan-hambatan inilah yang ditolak oleh perdagangan bebas. Namun dalam kenyataannya, perjanjian-perjanjian perdagangan yang didukung oleh penganut perdagangan bebas ini justru sebenarnya menciptakan hambatan baru kepada terciptanya pasar bebas. Perjanjian-perjanjian tersebut sering dikritik karena melindungi kepentingan perusahaan-perusahaan besar.

Dengan adanya perdagangan bebas akan menguntungkan konsumen karena akan dihadapkan kepada berbagai pilihan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Barang elektronik seperti komputer misalnya, yang sebagian masih import dari negara tetangga, akan semakin murah karena hilangnya biaya tambahan seperti pajak eksport-import dan lain-lain.

Perdagangan bebas akan membuka gerbang batas negara di sektor perdagangan sehingga persaingan dagang tidak hanya dengan pesaing lokal tetapi juga dengan pihak asing. Ini yang akan menjadi tantangan bagi para perintis usaha. Pihak lain yang diuntungkan adalah para pengusaha besar, karena mereka sudah memiliki permodalan yang kuat, pengalaman, dan kemudahan dalam membuat jaringan bisnis di seluruh negara yang menganut pasar bebas.

Begitu juga dengan para sarjana sistem informasi, yang bidangnya adalah menganalisis dan membuat sistem informasi, tentunya akan ada banyak proyek pembangunan sistem. Karena di era perdagangan bebas, perdagangan tidak lagi bersifat lokal tetapi bersifat international. Komunikasi dan mendapatkan informasi yang efektif yang merupakan salah satu sarana perdagangan bebas dimana jarak yang jauh bukan lagi halangan karena adanya teknologi informasi.

Bukan merupakan pilihan perusahaan untuk membangun sebuah sistem informasi, tetapi merupakan suatu kebutuhan untuk menjalankan usaha dan meningkatkan daya saing antar perusahan di berbagai negara.

Tenaga-tenaga terampil komputer akan dicari, karena prosedur kerja manual akan ditinggalkan dan beralih ke komputer demi meningkatkan efisiensi.

Materi diambil dari : http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s