teori organisasi umum 2

Standard

PROSPEK INDUSTRI SEPEDA DIMASA DEPAN

Semakin gencarnya isu pemanasan global, harga BBM yang tak murah, semakin parahnya kemacetan di ibu kota Jakarta, dan kurangnya waktu untuk berolah-raga membuat sebagian kalangan masyarakat ibu kota Jakarta beralih dari kendaraan bermotor ke sepeda sebagai solusinya. Sepeda merupakan kendaraan hijau, karena ramah lingkungan, tidak membutuhkan BBM. Selain itu sepeda adalah sarana untuk melakukan olah raga yang menyenangkan.

Kebiasaan bersepeda seperti komunitas bike to work, yang menggunakan sepeda menuju tempat kerja adalah salah satu contohnya. Bumingnya bersepeda akhir-akhir ini membuat industry sepeda kian menjanjikan, dan tidak menutup kemungkinan kedepan akan semakin pesat.

Harga BBM yang kian hari makin jauh dari penurunan merupakan salah satu faktor pendorong tumbuhnya industry sepeda. Selain itu seperti yang diinformasikan media, bahwa industry sepeda kita belum dapat mencukupi pasar dalam negeri, sehingga sepeda asal cina yang akhirnya ikut ambil bagian di pasar sepeda kita saat ini. Sangat disanyangkan memang, ini adalah tanda bahwa industry sepeda kita mesti digenjot lagi agar dapat menguasai pasar sepeda kita.

Fokus industry sepeda kita di segmen menengah atas adalah salah satu yang memberi peluang sepeda asal cina, karena mereka menawarkan harga yang lebih murah. Kebanyakan produk kita menawarkan harga diatas satu juta sedangkan produk cina bisa dibeli dengan harga dibawah satu juta, untuk spesifikasi produk yang sama. Produk berkwalitas memang senjata untuk dapat bersaing dalam pasar, tetapi di masyarakat kita hargalah yang menentukan.

Selain industry sepeda baru, industry sepeda bekas juga dapat ikut menikmati perkembangan ini. Industri sepeda bekas yang produknya adalah dari memperbaiki sepeda bekas menjadi layak pakai, yang biasanya merupakan sepeda jaman dulu, seperti onthel, jengki yang masih memiliki banyak penggemar. Apalagi dengan semakin banyak komunitas-komunitas sepeda jadul di berbagai daerah, membuat produk ini semakin dicari peminatnya.

Belum lagi dengan bumingnya sepeda jenis fixie dan low rider yang digandrungi anak muda, ikut memberi peluang untuk berkembangnya industry sepeda dalam negeri.

sumber gambar : internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s