teori organisasi umum 2

Standard

INDUSTRI MOBIL JEPANG PASCA BENCANA

Bencana alam yang menyerang jepang beberapa waktu silam cukup menyedot perhatian. Tsunami yang berbuah bocornya reaktur nuklir meminta korban rakyat jepang yang tidak sedikit. Kemudian infrastruktur yang mesti dibenahi membutuhkan dana yang besar. Industri-industri yang terpaksa harus ditutup karena ikut terkena dampaknya.

Produk otomotif jepang yang berhasil menguasai dunia, terpaksa harus membuka ruang untuk industry otomotif lainnya. Akibat bencana tersebut, berbagai industry mobil asal jepang harus berbagi kerugian karena banyak produknya yang gagal diproduksi. Hal ini tentu akan mengurangi pasar mobil asal jepang pasca bencana. Selain itu pabrik-pabrik mobil jepang diluar negara jepang juga harus menerima dampaknya karena suplai bagian komponen mobil tertentu yang masih diproduksi di jepang, terganggu yang akibatnya produksi mobil pun terganggu pula.

Begitu juga industry mobil lainnya, yang mengandalkan komponen tertentu dari jepang juga harus ikut bersabar. Hal ini tentu memberi kesempatan pesaing jepang untuk mengembangkan sayapnya di pasar otomotif, khususnya mobil. Mereka dapat memenuhi permintaan pasar dengan produk-produk mereka.

Ini juga merupakan kesempatan Indonesia untuk menawarkan alih industry, sehingga seluruh komponen mobil-mobil jepang dapat dibuat diIndonesia, mengingat sumber daya kita yang berlimpah ruah dan pasar yang sudah tersedia.

sumber gambar : internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s