tugas teori organisasi umum 2

Standard

ORGANISASI DIBIDANG EKONOMI

Dewasa ini banyak sekali organisasi-organisasi yang bergerak dibidang ekonomi yang tujuannya tidak lain memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Organisasi-organisasi itu dapat berbentuk perseroan terbatas atau lebih sering disingkat PT, persekutuan yang dapat berbentuk CV, Firma, dan sejenisnya, kemudian ada juga yang berbentuk koperasi.

Bentuk-bentuk diatas tentu memiliki ciri-ciri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, baik dalam procedure mengangkat para pengurusnya, pembagian laba atau kerugian, prinsip-prinsip yang digunakan dan masih banyak perbedaan lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai perseroan terbatas(PT), sebagai salah satu bentuk organisasi  yang bergerak dibidang ekonomi.

Perseroan Terbatas adalah salah satu bentuk perusahaan dimana modalnya diperoleh dari saham. Saham identik dengan PT, karena PT memang menerbitkan saham sebagai cara untuk menghimpun modal dari para pembeli saham, sehingga para pemegang atau pemilik saham merupakan pemilik perusahaan. Sebagai pemilik perusahaan tentu memiliki hak-hak terhadap perusahaan diantaranya, memiliki kesempatan untuk menentukan arah dan tujuan perusahaan. Sebagai keuntungan pemegang saham akan dibagikan deviden dalam setiap periode. Jika perusahaan hendak menerbitkan saham baru guna menambah modal, pemegang saham juga mendapat kesempatan untuk membeli saham tersebut. Pemegang saham mendapat bagian aktiva(harta) perusahaan jika perusahaan dilikuidasi/bangkrut, yang tentunya setelah semua kewajiban(utang) perusahaan terbayarkan. Meskipun para pemegang saham adalah pemilik perusahaan, tetapi dalam hal tanggung jawab atas perusahaan hanya terbatas pada modal yang disetorkan saja, sehingga jika perusahaan dilikuidasi, harta pribadi milik pemegang saham tidak dapat dijadikan jaminan.

Walaupun pemilik perusahaan adalah para pemegang saham, tetapi mereka tidak harus menjadi pengurus perusahaan. Pengangkatan pengurus perusahaan diserahkan pada keputusan Rapat Umum Pemilik Saham(RUPS).

PT dalam menerbitkan sahamnya ada yang khusus untuk kalangan tertentu, misalnya khusus lingkungan keluarga, karyawan, golongan tertentu dll. Ada juga yang menerbitkan untuk semua pihak yang ingin membeli saham tersebut. Perusahaan ini disebut perusahaan terbuka atau dengan ciri PT NAMAtbk.

Saham memiliki beberapa jenis, diantaranya ada saham biasa, sertifikat saham, saham istimewa atau saham prioritas. Sertifikat saham adalah saham yang dikeluarkan oleh PT Dana Reksa, yaitu perusahaan milik Negara yang memiliki kewenangan untuk menjual belikan saham. Saham prioritas atau saham istimewa, sesuai namanya tentu saham yang lebih diprioritaskan dari pada saham biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s