tugas teori organisasi umum 2

Standard

KETERAMPILAN SEBAGAI SOLUSI

MENGATASI PENGANGGURAN

Pelajaran Keterampilan merupakan salah satu pelajaran sunah pada saat saya duduk di bangku SMP dulu. Sunah karena pelajaran ini terkesan diada-adakan, diperparah dengan materi yang seperti apa adanya. Masa iya siswa laki-laki belajar membuat sayur sup, sayur asem, dan sayur-sayur lainnya. Mungkin bagi siswa perempuan masih cocok, karena memang kodratnya sebagai ibu rumah tangga yang mengurusui berbagai macam urusan dapur. Tapi taukah anda jika keterampilan dapat menjadi modal utama para pelajar  nantinya saat dewasa.

Sangat disayangkan setelah duduk di bangku SMA saya tidak bertemu lagi dengan pelajaran ini, yang ada hanya pelajaran seni, yang materinya hampir sama dengan pelajaran keterampilan(seni kriya) tetapi dibatasi dengan nilai-nilai seni tersebut(condong kesifat keindahan).

Saya merasa pelajaran keterampilan merupakan pelajaran yang sangat penting(tidak kalah dengan matematika dan bahasa inggris) karena akan mendidik anak-anak untuk berprilaku kreatif dan diharapkan bisa inovatif. Contoh sederhananya misalnya belajar dan berlatih membuat anyaman dari bambu, membatik, sablon, design undangan, membuat gerabah dan kramik, dll. Barang-barang ini memiliki nilai jual sehingga dapat menghasilkan uang.

Keterampilan sangat diperlukan bagi mereka-mereka diusia produktif belum memiliki pekerjaan karena susahnya mencari kerja dijaman sekarang ini. Mereka dapat memaanfaatkan keterampilan dan skillnya untuk mendapatkan penghasilan. Wiraswasta merupakan pilihan yang mesti dilakukan jikalau menjadi seorang pegawai gagal diraih.

Mungkin tidak berlebihan jika pelajaran yang bermateri tentang kewiraswastaan dan keterampilan  menjadi salah satu pelajaran yang wajib jika diberikan pada tingkat pendidikan dasar (SMP) dan pendidikan menengah (SMA) karena pendidikan tentang kewiraswastaan dapat memberi gambaran-gamabaran tentang kegiatan-kegiatan usaha mandiri dan membentuk pribadi-pribadi mandiri , guna memberikan solusi pada anak-anak bangsa yang tidak memiliki biaya untuk kuliah dan hidup di ibukota.

Keterampilan dan keahlian individu tidak memberi solusi untuk menanggulangi pengangguran jikalau pihak-pihak yang memiliki kewenangan dan kekuatan tidak ikut andil dalam proses tersebut. Peran serta pemerintah maupun swasta yang paling utama  dalam pemberian modal dan pemasaran, karena kedua hal inilah yang sangat sulit dilakukan bagi mereka-mereka yang baru memulai usaha.

sumber gambar : internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s