tugas tulisan 2 mata kuliah teori organisasi umum 1

Standard

Mamajukkan Sektor Pariwisata

Banyak orang mengatakan bahwa negara ini adalah negara yang sangat kaya, baik sumber daya alam yang sangat melimpah maupun keanekaragaman budayanya. Kekayaan ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyatnya. Negara ini kaya akan sumber daya akan bahan tambang, minyak bumi, tanah yang subur dengan iklim tropis, sampai keindahan alamnya mulai dari panorama bawah laut sampai panorama pegunungan.

Tetapi kenyataannya kesejahteraan masyarakat tidak berbanding lurus dengan kekayaan yang diutarakan pada pembuka tadi. Ironi memang, ada tokoh yang mengatakan bahwa (kira-kira) majunya suatu negara tidak ditentukan oleh besarnya sumber daya alam akan tetapi sumber daya manusialah yang menentukan. Jika kita lihat kasus di negara kita, memang benar, negara ini memang kaya akan sumber daya alam tetapi tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk mengolahnya sehingga sumber daya alam tidak dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin. Lain halnya dengan Jepang. Jepang memiliki sumber daya manusia yang tinggi sehingga mampu mengolah apa yang ada, sehingga negara itu maju.

Apakah mungkin kita harus memaksakan diri untuk dapat bersaing  meningkatkan pendapatan negara, dengan mereka  yang sudah dapat membanjiri pasar-pasar elektronik, otomotif, dan pasar-pasar lainnya dengan produk-produk yang berkualitas tentunya. Tidak mustahil jika negara ini dapat bersaing, tetapi tentu akan sangat berat rintangan yang dihadapi.

Negara ini memiliki penduduk yang besar, panorama alam yang indah, keanekaragaman budaya, dll. Ini adalah salah satu potensi untuk memajukan sektor pariwisata demi meningkatkan pendapatan negara. Banyak sekali objek-objek alam yang dapat dijadikan area berlibur baik objek wisata alam bawah laut dan pantai, objek wisata alam hutan tropis dan air terjun, objek wisata alam panorama pegunungan, dan masih banyak lagi. Selain itu objek-objek peninggalan sejarah seperti candi-candi, benteng, istana atau keraton, dll.

Dengan memajukkan sektor pariwisata, memacu  banyaknya turis yang datang maka akan membuka peluang usaha seperti penginapan (hotel, losmen), dan restoran. Selain itu kerajinan-kerajinan khas seperti batik, keris, alat musik tradisional, gerabah, dll sebagai oleh-oleh khas, yang dapat memacu industri kerajinan yang biasanya merupakan industri padat karya (dapat mengurangi pengangguran). Sektor transportasi juga merupakan hal terpenting sebagai sarana mobilitas. Dan tentu masih banyak lagi keuntungan yang dapat diambil dengan mengembangkan sektor pariwisata.

Dengan iklim Indonesia yang tropis, membuat negara ini nyaman dikunjungi sepanjang tahun, merupakan salah satu potensi yang dapat dijadikan modal untuk memajukan pariwisata indonesia. Selain itu kesetabilan keamanan tentu adalah modal yang utama, karena bagaimana mungkin para pelancong terutama dari mancanegara akan datang ke Indonesia sedangkan negara ini sedang tidak aman.

Saya yakin dengan memajukkan alternatif ini, dapat menyumbang pendapatan negara untuk meningkatkan kemakmuran rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s