tugas ibd minggu ke 9

Standard

Manusia dan tanggung jawab

Manusia hidup didunia ini tentu ada yang harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan-Nya. Dalam kehidupan bermasyarakat, dalam keluarga, dalam lingkungan kerja dan lingkungan-lingkungan lain, tentu semuanya mengemban tanggung jawab.

Pemimpin harus bertanggung jawab kepada rakyat atas segala kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan, seorang bapak bertanggung jawab kepada keluarganya dengan memberikan nafkah dan bimbingan dalam menjalani hidup yang benar. Guru harus bertanggung jawab terhadap anak-anak didiknya atas segala materi apa yang telah diberikan kepada peserta didik. Dari sedemikian contoh tanggung jawab, dapat disimpulkan tanggung jawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya(kamus umum  bahasa Indonesia)

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja atau perwujudan kesadaran atas kewajibannya.

Tanggung jawab bersifat kodrati yang melekat pada setiap manusia, sehingga setiap manusia yang menjalani hidup pasti akan dibebani tanggung jawab, maka akan ada pihak  lain yang akan memaksakan tanggung jawab tersebut.

Untuk menanamkan tanggung jawab kepada masyarakat dapat ditempuh dengan pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan YME.

Macam-macam tanggung jawab :

  1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri,merupakan suatu tuntutan untuk melaksanakan kewajiban sendiri serta mengembangkan kepribadian sendiri, sehingga dapat dipergunakan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dengan cara yang telah ia fikirkan sendiri.
  2. Tanggung jawab terhadap keluarga,merupakan tanggung jawab tiap anggota keluarga untuk menjaga nama baik keluarga. Selain itu tanggung jawab terhadap kesejahteraan, pendidikan, keselamatan keluarga.
  3. Tanggung jawab terhadap masyarakat, merupakan pertanggung jawaban setiap anggota masyarakat untuk tetap menjaga kelansungan hudup bermasyarakat.
  4. Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara merupakan sikap tiap individu yang sesuai dengan norma-norma hukum yang berlaku dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  5. Tanggung jawab kepada tuhan. Manusia dalam menjalani hidupnya di dunia  diberi  tanggung jawab kepada tuhan untuk mengerjakan perintah-perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s