tugas ibd minggu ke 6

Standard

Manusia dan penderitaan

Tuhan memberikan kesenangan dan kesedihan kepada manusia dalam mejalani hidup. Selain itu juga manusia diberi penderitaan mungkin untuk menyadarkan atas kewajiban-kewajiban yang harus dijalani, atau untuk menguji agar derajat manusia dapat lebih tinggi.

Penderitaan berasal dari kata derita yang berasal dari bahasa sansekerta yaitu dhra artinya menahan atau menanggung.Derita artinya menanggung atau merasakan suatu yang tak menyenangkan.

Penderitaan itu dapat  berupa penderitaan lahir, misalnya mengidap penyakit yang berbahaya, dan penderitaan batin, misalnya harus menanggung jumlah anggota keluarga yang banyak dengan penghasilan yang pas-pasan bahkan kurang sehingga merasa terbebani dengan beban yang begitu berat sehingga timbul penderitaan kepadanya.

Menanggulangi penderitaan lahir biasanya dengan bantuan medis untuk mengurangi atau menghilangkan penderitaan , dan penderitaan batin biasanya berupa dorongan-dorongan psikis yang sebenarnya yang dapat mengurangi atau menghilangkan hanya individu itu sendiri.

Penderitaan senantiasa akan dialami semua orang, karena penderitaan merupakan salah satu resiko hidup yang harus dijalani.

Tuhan memberikan peringatan sebelum manusia diuji dengan penderitaan, tetapi kadang manusia yang tidak menyadari arti peringatan tersebut.

Penderitaan yang dirasakan setiap orang adalah berbeda-beda tergantung bagaimana individu tersebut menyikapi dan menghadapi penderitaan.

Orang yang kuat dengan penderitaan senantiasa bangkit setelah ia diberi hadiah berupa cobaan, sehingga penderitaan yang harus dijalaninya tersebut dihadapinya dengan lapang dada, sabar, ikhlas sehingga individu yang demikian tersebut akan naik derajatnya dimata Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s