tugas ibd minggu ke 5

Standard

Manusia dan keindahan

Manusia selalu menyukai yang namanya keindahan. Misalnya melihat pemandangan alam yang indah, rambut yang indah, lukisan yang indah. Hampir semua manusia menyukainya karena pada suatu keindahan ada suatu kedamaian dan kekaguman kepada yang dilihat.

Keindahan berasal dari kata indah yang artinya bagus, permai, cantik, elok, molek. Sebenarnya keindahan dapat dideinisikan setelah menilai  sesuatu yang kemudian kita menyukainya karena terkesan bagus,permai, cantik, elok, molek, dan sebagainya.

Keindahan adalah suatu nilai yang relative karena setiap manusia menilai keindahan tidaklah sama, mungkin si A akan menilai sangat indah, tapi si B menilai biasa-biasa saja.

Selain itu keindahan dapat dapat dibedakan,

  1. Keindahan dalam arti luas,yang berasal dari bangsa Yunani yang didalamnya terdapat unsure kabaikan. Pada pengertian ini keindahan dikelompokkan kedalam keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral, keindahan intelektual.
  2. Keindahan dalam arti estetis murni,merupakan pengalaman estetis dari seseorang yang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya.
  3. Keindahan dalam arti terbatas hanya menyangkut benda-benda yang dilihatnya dengan penglihatan.

Untuk dapat merasakan keindahan, indra hati yang lebih dominan, karena untuk dapat menilai sesuatu indah atau tidak tergantung suasana hati, sehingga didalam hati yang tenang akan mampu merasakan keindahan dari setiap obyek yang dilihat yang menurut akal pikiran tak mampu menterjemahkan keindahan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s