tugas ibd minggu 4

Standard

Manusia dan cinta kasih

Manusia adalah makhluk social yaitu mahkluk yang hidupnya membutuhkan orang lain. Dalam menjalani hidupnya manusia senantiasa memiliki rasa cinta karena cinta adalah rasa yang timbul sacara alami dalam diri setiap manusia.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sangat sayang ataupun sangat kasih atau sanga t ertarik hatinya.Kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan.

Cinta terbagi kedalam 3 tingkatan

  1. Cinta tingkat tertinggi yaitu cinta kepada Allah dan rosul

Sebagai hamba Allah harus cinta kepada-Nya,sebagai tanda pengabdian, ketaatan, syukur atas segala nikmat yang tak terhinngga. Salah satu nikmat Allah yang tak terhingga adalah diberinya panca indra. Bayangkan bila mata kita tidak dapat memandang, hanya gelap yang mungkin dapat kita bayangkan setiap waktu dan tak sedikitpun pemandangan dunia dapat kita intip walau seujung jarum. Maka untuk mensyukurinya, harus pandai menjaga nikmat-nikmat yang telah diberikan.Dengan cinta kepada Allah membuat setiap hamba akan merasa ikhlas untuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.  Kemudian cinta kepada rosul adalah salah satu tanda mempercayai atas kebenaran-kebenaran yang disampaikan, dan mengikuti apa yang telah ditauladankan kepada umatnya.Memperingati hari lahir para rosul adalah salah satu wujud cinta dan penghormatan kepada para rosul yang telah berjuang selama hidupnya menyampaikan kebenaran. Cinta dengan tingkatan tertinggi ini merupakan cinta yang harus dimiliki setiap manusia dan tidak boleh ada duanya.

  1. Cinta tingkat menengah yaitu cinta kepada orang tua, saudara, istri, anak dan para kerabat

Allah memberikan rasa cinta kepada manusia agar dapat saling mencintai dan menyayangi serta mengasihi. Anak-anak mencintai orang tuanya, suami mencintai istrinya, mencintai teman, dan sebagainya adalah suatu sikap yang dianjurkan dalam kehidupan bermasyarakat agar tercipta keakraban dan  kasih sayang.

  1. Cinta tingkat rendah

Contoh cinta rendahan misalnya cinta kepada mobil baru sehingga pemiliknya terbudak oleh mobil barunya itu, sehingga ia takut bila mobilnya dicuri ditempat parkir, tergores, atau sebagainya. Ia lupa kepada yang memberi rizky, sehingga ia dapat membeli sebuah mobil.Cinta seperti inilah yang mengakibatkan penderitanya menjadi rendah derajatnya.

Selain itu kita sebagai manusia harus mencintai lingkungannya, karena dengan mencintai lingkungan  terdorong suatu sikap yang akan selalu menjaga lingkungan misalnya  tidak membuang sampah sembarangan atau di air yang akan mencemari habitat air, tidak membakar  atau menggunduli hutan yang merupakan habitat satwa, tidak mencemari lingkungan dengan membuang bahan-bahan yang sangat berbahaya  yang dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup. Cinta kepada lingkungan akan membantu  lestarinya lingkungan dari tindakan negative yang dilakukan oleh manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s